Rabu, 01 Juni 2011

MACAM-MACAM PARAGRAF

1. Paragraf Deskripsi
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang inti bacaanya menggambarkan objek yang detail, pembaca dapat membayangkan objek tersebut.

Contoh paragraf Deskripsi :

      Minah melenggang dengan bakul jamu yang bertengger di punggungnya. Sesekali ia membetulkan letak selendang coklat yang melintas di belahan dadanya menuju ke pundaknya. Gelungan rambutnya menempel hingga hampir di ujung kepalanya. Minah gadis hitam manis berwajah bundar seperti bulan, mejadi salah satu hiasan di pagi hari. Dengan tengak lenggak-lenggok jalannya dan teriakan manja ketika  menawarkan dagangannya "jamu.. jamu..".

2. Paragraf Narasi
Paragraf narasi adalah paragraf yang inti bacaanya menceritakan kronologi kejadian.

contoh paragraf Deskripsi :

      Tim SAR gabungan sebelumnya telah berusaha membujuk Mbah Marijan untuk turun, tetapi guru kunci gunung Merapi ini menolak dengan alasan ingin seluruh warga turun terlebih dahulu sebelum dirinya. Beberapa saat setelah seluruh warga turun, Mbah Marijan belum juga turun. Ia mau turun ketika selesai sholat Magrib. Sayangnya pada saat itu juga gunung Merapi benar-benar meletus. Nyawa Mbah Marijan tidak dapat diselamatkan karena sudah terlanjur tersapu Awan Panas. Akhirnya beliau ditemukan tewas dalam keadaan bersujud.

3. Paragraf Eksposisi
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang inti bacaanya menginformasikan atau mejelaskan suatu berita.

Contoh paragraf Eksposisi :

      Dalam operasi gabungan dilakukan SATPOL PP dan Polisi, sebanyak 234 pelajar se-Malang Raya terjaring di berbagai tempat. Pada umumnya di Mall, Game station dan Pasar. Kesalah pada umumnya adalah  membolos di jam pelajaran. 36 di antaranya harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut karena terbukti membawa senjata tajam dan minum-minuman keras.

4. Paragraf Persuasi
Paragraf persuasi adalaha paragraf yang inti bacaanya megajak atau melarang pembacanya. Biasanya memberi  penekanan atau bukti terhadap ajakan atau larangannya.

Contoh paragraf Persuasi :

      Beberapa tahun ini, berbagai perkembangan telah terjadi di bidang teknologi informasi. Perkembangan itu justru harus dilihat dari  sisi positif sambil menyiasati berbagai kemungkinan untuk ikut memetik keuntungan dari perkembangan teknologi informasi yamg berkembang cepat dibanding perkembangan masyarakat. Perkembangan ini pasti mengubah banyak hal dalam masyarakat, mulai dari gaya hidup, kecenderunag mental hingga ke pandangan hidup. Oleh karena itu, waspadalah terhadap perkembangan teknologi informasi agar tidak berpengaruf negatif.

2 komentar:

Posting Komentar